My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Tips Menata Gudang di Rumah

tips menata gudang
 Tips Menata Gudang di Rumah - Rumah yang ideal tentunya merupakan rumah yan memenuhi semua kebutuhan penghuninya. Tidak hanya menunjag aktivitas, rumah juga diharapkan memberikan berbagai fasilitas penunjang, termasuk untuk ruang penyimpanan atau gudang.
Sebesar dan sebagus apapun desain suatu rumah, tanpa ruang penyimpanan ataupun gudang, maka fungsi rumah tidak akan optimal. Tentu saja selain memberi ruang untuk aktivitas penghuni, rumah juga memberikan fungsi simpan. Tidak hanya untuk barang yang dipakai rutin, barang yang tidak terpakai namun penting pun juga memerlukan tempat penyimpanan.
Meski penting, namun gudang seringkali terlupakan ketika merancang dan membangun rumah. Akibatnya banyak tumpukan kardus dan berbagai barang lainnya di sudut ruang. Tak ketinggalan bagian atas lemari dan kolong tempat tidur jadi persembunyian aneka perkakas. Semua dibiarkan tergeletak begitu saja. Alhasil barang perkakas berdebu. Kolong tempat tidur hingga sudut ruangan jadi sarang nyaman untuk serangga dan tikus.
Penataan barang yang tepat akan memebat Anda dapat secara mudah dan cepat menemukan barang yang anda cari. Di bawah ini beberapa tips bagaimana sebaiknya menata gudang agar terlihat rapi dan bersih.

Pemilihan Ruangan

Pemilihan ruang gudang yang tepat dapat mempengaruhi penataan barang-barang Anda. Pertama, pilihlah ruangan yang berada pada bagian belakang rumah Anda. Jika menurut Anda, akan ada banyak sekali barang yang akan disimpan, janganlah memilih ruangan yang terlalu kecil atau sempit. Semua ini dikondisikan dengan jenis barang yang akan disimpan. 

Menaruh Barang Besar Terlebih Dahulu

Letakanlah barang-barang yang berukuran besar di pojok ruangan. Lalu berurutan sampai yang terkecil. Hal ini akan membuat Anda dapat mencari benda yang nantinya mungkin akan dibutuhkan kembali.

Perhatikan Intensitas Pemakaian

Perhatikan intensitas pemakaian barang-barang yang anda akan masukan dalam gudang. Jika barang itu dirasa akan digunakan dalam jangka waktu dekat atau bahkan masih sering digunakan, Seperti obeng, paku, palu, dan sebagainya, sebaiknya anda meletakkannya di sudut yang gampang dijangkau dan terlihat oleh mata.

Perhatikan Jendela

Bukalah jendela gudang maksimal 3 hari sekali. ini bertujuan agar udara digudang tidak pengap dan lembab yang bisa saja mengakibatkan barang-barang dalam gudang menjadi basah dan rusak.

Taruh Meja Atau Lemari

Jika Anda menyimpan data-data yang berupa atau berbahan kertas, jangan diletakan di lantai. Karena sering terjadi pelembaban pada lantai sehingga merusak barang Anda. Taruhlah diatas meja atau jika tidak ada meja, bisa gunakan lemari. Namun jika lemari tidak bisa masuk, Anda bisa menggunakan kotak keranjag plastik yang berukuran sesuai barang Anda.

Bersihkan Secara Berkala

Bukan karenagudang jarang terjangkau oleh anggota keluarga dapat berarti kuang diperhatikan kebersihannya. Anda harus membersihkan secara berkala, seperi menyapu atau mengecek apakah ada tikus didalam gudang yang tentu saja dapat merusak barang-barang Anda. Tikus suka sekali membuat sarang dan mengotori barang yang dijadikan rumah. Anda bisa memasang jebakan tikus Namun tentu saja harus di cek secara berkala.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Menata Gudang di Rumah"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top