My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Manfaat Daun Pakis Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pakis
Manfaat Daun Pakis Untuk Kesehatan - Belum banyak orang tahu bahwa tunas daun atau daun pakis memiliki banyak mandaat bagi tubuh. Oleh karena itu tak heran ika daun pakis oleh sebagian orang dijadikan sayur dan panganan yang serng dikonsumsi, terutama di Sumatra, Kalimantan dan daerah - daerah hutan pegunungan. Tidak hanya di Indonesia, negara Asia lain seperti Malaysia Cina, Thailan, Vietnam dan Jepang ternyata juga banyak menggunakan daun pakis sebagai masakan.
Memang tidak semua pakis aman untuk di makan. Pakis yang aman di makan adalah pakis sayur. Tanaman yang memiliki nama latin Diplazium esculentum ini dipercaya sebagai tanaman obat yang mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Daun pakis dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan luka. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin C-nya cukup tinggi. Fungsi vitamin C juga banyak berkaitan dengan pembentukan kalogen. Kalogen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, membran kapiler, dan kulit. Daun pakis yang berwarna hijau gelap juga kaya akan betakaroten. Di dalam tubuh, betakaroten akan dimerabolisme menjadi vitamin A.
Betakaroten ini berperan dalam mengatur proses metabolisme di beberapa jaringan tubuh. Selain itu, betakaroten uga mengatur kerja gen-gen yang terlibat dalam sistem imunitaas, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit, khususnya penyakit infeksi. Daun pakis uga dipercaya berkhasaiat menegah penykit rematik. HAl itu dikarenakan adanya kandunan kalsium dan fosfor merupakan mineral makro yang diperlukan untuk pertumbuhan, pembentukan, dan pemeliharaan kesehatan tulang.
Beberapa manfaat daun pakis yakni: 

1. Proses Metabolisme Jaringan Tubuh

Daun pakis bermanfaat untuk memperbaiki Metabolisme jaringan Tubuh. Kandungan Betakaroten dan Vitamin A berperan dalam proses Metabolisme tubuh.

2. Kekebalan Tubuh

Daun pakis dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat ini diperoleh karna kandungan betakaroten dalam daun pakis.

3. Antioksidan

Tunas daun pakis sudah terbukti mempunyai kandungan antioksidan  dua kali lebih banyak dari pada buah blueberry. Fungsi antioksidan tersebut selain sebagai penangkal radikal bebas juga dapat meningkatkan jumlah glutathione dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

4. Meningkatkan Memori

Kandungan asam lemak dan omega 3 di dalam tnas daun pakis dapat meningkatkan memeori pada otak, selain itu juga dapat membantu program diet Anda.

5. Rematik

Daun pakis bermanfaat untuk mencegah penyakit rematik. Khasiat ini diperoleh karena kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam daun pakis.

6. Tulang

Daun pakis bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Khasiat dari daun pakis yang mengandung kalsium dan fosfor juga dapat meningkatkan pembentukan dan kesehatan tulang.

7. Melancarkan Buang Air Besar

Tunas daun pakis dapat memenuhi kebutuhan niacin per harinya. Fungsi dari niacin tersebut dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, sehingga melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya sumbatan pada arteri.

8. Vitamin A

Kandungan Vitamin A pada Daun pakis sangat berlimpah dapan Anda temukan pada tunas daun pakis. Untuk mendapatkan semua kandungan vitamin A tersebut, Anda dapat megkonsumsinya. vitamin A sendiri bagus bagi kesehatan mata, kandung kermih, dan ginjal

Semoga Bermanfaat

Baca Juga : Manfaat Buah Kurma
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Daun Pakis Untuk Kesehatan"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top