My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Dampak Positif dan Negatif Gadget Untuk Anak

gadget anak
Dampak Positif dan Negatif Gadget Untuk AnakGadget saat ini menjadi bagian dari gaya hidup dann kebutuhan. Zaman sekarang anak kecil pun sudah mengenal gadget. Ada sisi positif dan negatifnya mengenalkan anak dari sejak dini tentang gadget. Bagi Anda yang menerapkan aturan bijak pada anak dapat berpengaruh positif sebagai media pembelajaran sedangkan dilain sisi  penggunaan yang terlalu sering dan membuat anak Anda ketergantungan sehingga hanya menginginkan bermain gadget saja akan membuatnya menjadi anak yang anti sosial, cenderung tertutup dan tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh karena itu sebagai orangtua yang bijak, ada baiknya Anda untuk mengetahui usia yang tepat mulai mengenalkan gadget kepada anak.
Sejumlah sumber menyebutkan pada usia 2-4 tahun anak sudah boleh dikenalkan dengan gadget. Namun tentu saja harus didampingin oleh orangtua atau orang dewasa. Sumber lain menyebutkan, usia oleh orangtuda atau orang dewasa. Sumber llain menyebutkan, usia yang tepat yakni usia 5 tahun. Pada usia anak 5 tahun gadget dapat membantu Anda untuk mengedukasi anak. Memperkenalkan warna. bentuk, angka, huruf, dan sebagainya.Pada usia 5 tahun perkembanan otak anak sudah optimal apabila diberikan rangsangan sensorik secara langsung berbeda dengan anak di bawah usia 5 tahun yang diberi gadget akan berdampak berkelanjutan apalagi bila tidak didampingi oleh orang tua sehingga akan berdampak kurangnya interaksi dengan lingkungannya.
Ada sisi positif dan negatif dengan mengenalkan gadget kepada anak. Oleh kakrna itu untuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positifnya, sebagai orang tua Anda harus mengawasi dan mengarahan anak. Berikut beberapa dampak negatif jika anak terlalu dini mengenalkan gadget tanpa pengawasan orangtua:
- Kemudahan teknologi kadang membuan anak menjadi malas termasuk untuk bermain, menulis, atau membaca. Anak-anak seharusnya bermain-main dengan gembira di luar rumah. MEnikmari matahari dan mengenal lingkungannya pengenalan teknologi yang terlalu dini bisa menyebabkan anak Anda menjadi pemalas. Mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu di sofa bermain video ames.  Ini akan membuat anak Anda kehilangan kontak dengan teman mereka yang nantinya akan berpengaruh di kehidupannya. Hal ini tentu berpengaruh juga pada kemampuan bersosialisasi eksternal dan internal yang akan menurun.
- Teknologi yang dikenal terlalu dini akan menyababkan anak menjadi terlalu cepat dewasa. Oleh karena itu orang tua harus mengawasi penggunaan internet dan jangan biarkan mereka membuat akun di jejaring sosial sendiri hingga usia mereka sudah cukup dan siap.
- Kemajuan teknologi berpotensi membuat anak cepat puas dengan ilmu pengetahuan, mereka menganggap apa yang didapat dari dunia maya merupakan yang terlengkap.
- Kemudahan yang diberikan teknoogi memudahkan juga anak untuk berteman melalui dunia maya sehingga hubungan yang terjalin dangkal dan terkadang perkenalan atau pertemanan melalui dunia maya justru berujung buruk.
- Banyak jenis video games yang menunjukan adegan kekerasan. Jangan meremehkan hal ini karena anak Anda bisa belajar meniru dan mempraktejannya di kehidupan sehari-hari. Anak Anda akan merasa bahwa kekerasan adaah hal lumrah yang terjadi di kehidupannya.
Oleh karena itu, untuk mengenalkan gadget kepada anak harus pada usia yang tepat dan tentunya berada di bawah pengawasan orangtua hinggu cukup usiannya untuk memahai dampak baik buruknya teknologi bagi diri mereka sendiri. Jangan lupa untuk mengenalkan juga mereka kepada kehidupan diluar. Ajak dia bermain di luar rumah dan belajar banyak hal lain. Jadi dia tidak hanya akan mengahabiskan waktu dengan gadgetnya.
Akan tetapi di balik dampak negatif, adapula dampak positif dengan mengenalkan gadget kepada anak, anatara lain :
- Membantu perkembangan fungsi adaptif seorang anak yaitu, kemampuan seseorang untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar dan perkembangan zaman. Jika perkembangan zaman sekarang muncul gadget, maka anak pun harus tahu cara menggunakannya.
- Menambah pengetahuan dengan menggnakan gadget yang berteknologi canggih, anak-anak dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi mengenai tugas mereka disekolah.
- Gadget dapat memperluas jaringan persahabatan karena dapat dengan mudah dan cepat bergabung ke sosial media.
- Mempermudah Komunikasi. Gadget merupaansalah satu alatyang memiliki teknologi yang canggih. Jadi semua orang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia.
- Membangun kreatifitas anak. Gadget memberikan beragam informasi yang juga bisa mendorong anak menjadi lebih kreatif.

Semoga Bermanfaat


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Dampak Positif dan Negatif Gadget Untuk Anak"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top