My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Manfaat Meminum Kopi

Manfaat Meminum Kopi
Manfaat Meminum Kopi - Kopi merupakan salah satu minuman yang umum di masyarakat. Kopi juga juga merupakan salah satu minuman yang sangat sehat bila diminum secara tidak berlebihan. Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kopi dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. salah satunya sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Monash University, Melbourne, Australia, kopi ternyata berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Tak hanya membuat Anda bergairah mengawali hari di pagi hari, secangkir kopi juga dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, dan kanker usus besar. Berikut Manfaat Kopi Bagi kesehatan:

1. Kopi Bisa Menurunkan Risiko Stroke

Menurut penelitian kopi dapat menurunkan resiko penyakit stroke. Kopi mengandung asam chlorogenic acid, lignan, dan magnesium. Semua zat tersebut dicampur dengan antioksidan dalam kopi dan dapat mengurangi risiko stroke.

2. Kopi Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Minum kopi dapat membuat kemampuan otak meningkat dalam waktu singkat. Meskipun ini hanya efek sementara, tapi dapat membantu Anda beerja lebih fokus. Kopi juga dapat memicu adrenalin yang membuat seseorang lebih bersemangat dan membantu meningkatkan suasana hati.

3. Kopi Dapat Meringankan Stress

Aroma Kopi diyakini dapat mengurangi stress karena memicu gen untuk melindungi sel - sel saraf. Aroma dari kopi dapat mengurangi ketegangan dan stress.

4. Kopi Dapat Meningkatkan Aliran Darah

Sebuah penelitian di Amerika bahwa orang dewasa atau muda yang meminum secangkir kopi berkafein meningkatkan aliran darah mereka  dibandingkat saat mereka meminum kopi tanpa kafein. peneliti melihat aliran darah di jari, yang menunjukan seberapa baiknya aliran darah di pembuluh terkecil di tubuh bekerja.

5. Mengurangi RisikoKanker Mulut

Penelitian terbaru menemukan bahwa Orang - orang yang minum setidaknya satu cangkir kopi sehari bisa mengurang risiko terserang kanker mulut. Sebuah laporan yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology, risikonya sebesar 20 persen lebih rendah di antara mereka yang minum 1-2 cangkir sehari dan 50 persen lebih sedikit jika minum lebih dari empat cangkir.

6. Kopi Dapat Mencegah Diabetes dan Obesitas

Penelitian mengungkapkan bahwa minum tiga kopi sehari bisa menurunkan risiko diabetes. Selain itu, orang yang rajin minum kopi juga memiliki BMI dan lingkar pinggang yang lebih kecil. Orang yang rajin minum kopi memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Hasil penelitian tersebut didapatkan setelah mengabati 9.000  orang. Peneliti berpendapat bahwa kemungkinan hal ini disebabkan oleh zat polyphenol dalam kopi yang bisa mencegah peradangan. Peradangan perupakan salah satu faktor risiko penyakit obesitas, diabetes, jantung, dan lainnya.
Meskipun kafein dalam kopi dikonsumsi secara berlebihan tidak baik, tapi konsumsi kopi dalam batas yang wajar dapat membantu Anda mempertahankan otak yang sehat. Namun pastikan bahwa minum kopi tidak ditambah dengan kebiasaan yang tidak sehat seperti minum alkohol atau merokok.

Semoga Bermanfaat

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Meminum Kopi"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top