My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Ragam Manfaat Donor Darah

Ragam Manfaat Donor Darah
 Ragam Manfaat Donor Darah - Kegiatan donor darah merupakan salah satu kegiatan amal yang tidak hanya baik untuk orang lain namun juga untuk diri sendiri. Itu sebabnya ada sebagian orang yang selalu rutin mendonorkan darahnya demi menolong orang dan mendapatkan manfaat yang diperoleh. Manfaat mendonorkan darah untuk kesehatan sangat banyak, terutama beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat melakukan kegiatan donor darah:

1.Mencegah penyakit jantung. 

Salah satu manfaat dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung selau sehat karena dapat menstabilkan kadar zat besi dalam jantung. Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk padad dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi bisa lebih stabil.

2.Meningkatkan produksi sel darah merah. 

Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagi pendonor kita dapat menghasilkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Proses mendonorkan darah ini akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

3.Membakar kalori. 

Mendonorkan darah secara teratur akan membantu anda membakar kalori dalam tubuh. Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan membakar kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan 450ml  darah, akan membantu membakar kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.

4.Menurunkan resiko kanker. 

Mendonorkan darah dapat menurunkan resiko terkena kanker seperti kanker hati, paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.

5.Menghilangkan stress. 

Mendonorkan darah secara rutin dapat membantu menjaga pikiran tetap stabil. Dengan mendonorkan darah, akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong dan damai dengai tubuh sendiri.

6.Bagian dari periksa kesehatan. 

Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan memeriksa apakah anda memiliki suatu penyakit tertentu atau tidak. Sebab jika Anda negatif dari segala penyakit , maka darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberitahu apa yang sebenarnya terjadi.

7.Menjadi lansia yang sehat. 

Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan primadi usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.

8.Menurunkan kolesterol. 

Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Ayo mendonorkan darah Anda, selain memberi kesempatan hidup bagi yang membutuhkan , ayo sehatkan tubuh kita.

Semoga Bermanfaat


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Ragam Manfaat Donor Darah"

thanks gan, belom pernah ngrasain donor darah ane hehe kagak masuk nominasi

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat donor darah. Saya jadi kepengen donorin darah saya, soalnya selama ini belum pernah donor :D

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top