My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Cara Merawat Radiator Mobil

Cara Merawat Radiator Mobil
 Cara Merawat Radiator Mobil - Radiator adalah alat penukar panas yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari suatu medium ke medium lainnya yang tujuannya untuk mendinginkan maupun memanaskan. Radiator yang kita kenal pada umumnya digunkan pada kendaraan bermotor, namun tidak jarang radiator juga digunakan pada mesi yang memerlukan pendinginan ekstra. Seperti pada mesin-mesin produksi atau mesin-mesin lainnya yang bekerja dalam kondisi berat atau lama. Pada kendaraan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi system pendinginan. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang di butuhkan mesin.
Merawat radiator sangat penting dilakukan oleh para pemiik kendaraan bermotor, khususnya pada mobil. Radiator rusak mengakibatkan mesin cepat panas, overheat yang akhirnya mengakibatkan mobil mogok. Dalam merawat radiator, anda bisa mengunjungi bengkel pengecekan dan pengurusan atau bisa dilakukan sendiri. Dan cara merawat radiator mobil :

1. Siapkan obeng plus (+) dan minus(-), kemudianbeberapa kunci pas serta lap pembersih lantai dan cairannya.
2. Lepaskan radiator dengan menggunakan alat-alat diatas dan keringkan air yang ada di dalam. Setelah itu, sumbat pada bagian selang yang mengeluarkan air. Masukan pelan-pelan cairan pembersih lantai kedalam liang radiator dan biarkan beberapa saat sehingga sumbatan yang ada di liang radiator bersih.
3. Buang dan bersihkan cairan pembersih lantai atau busanya yang ada di liang radiator tadi menggunakan air bersih. Pastikan busa dan cairan tersebut tidak ada di radiator sehingga radiator bebas dari sumbatan - sumbatan yang menghambat sirkulasi air pada radiator.
4. Usahakan anda membersihkan sirip pendingin radiator secara teratur misalnya satu minggu sekali. Gunakan air sabun untuk membersihkannya dan sikat menggunakan sikat yang di gunakan untuk mencuci pakaian.
5. Setelah kering, bersihkan kembali dengan sikat agar dapat membersihkan seluruh kotoran-kotoran yang menempel pada radiator.
6. Ratakan dan cungkil bagian-bagian sekat yang tidak merata atau bengkok menggunakan sikat baja.

Jika radiator mobil anda sudah cukup lama tida dikuras atau juka anda membei mobil bekas tanpa mengatur riwayat perawatan radiatornya serahkan proses pengurasan pada bengkel radiator. Sebab jika kotoran yang terdapat didalam jalur sirkulasi pendingiin mesin terlau banyak maka mengurasnya justru dapat menyumbat beberapa saluran yang sempit dan dapat mengakibatkan kegagalan pada sistem pendinginan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Merawat Radiator Mobil"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top