My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Memilih Lantai Carport yang Tepat

Memilih Lantai Carport yang Tepat
 Memilih Lantai Carport yang Tepat - Salah satu bagian yang harus mendapat perhatian saat Anda memiliki rumah dan mobil adalah carport. Tentunya agar tampak menarik dan mobil Anda terlindungi, Anda juga harus mempertimbangkan lantai carport. Anda beragam jenis material penutup lantai yang tersedia di pasaran, mulai dari beton cetak hingga keramik. Masing-masing material memiliki tampilan serta keunggulan yang berbeda.
Jika Anda hendak memilih material penutup lantai carport, pastikan permukaannya bertekstur kasar, sehingga tidak licin saat tersiram air. Selain itu, pilih bahan yang memiliki daya tahan yang kuat karena akan menahan beban kendaraan. Terakhir, pertimbangkan pula tentang perawatannnya. Pilih yang perawatannya mudah dan tidak kotor.

Semen Cetak

Adukan semen ini terdiri dari capuran pasir, semen dan koran kecil. Lantai semen cetak dapat berupa lembaran atau lempengan. proses pencetakan pun bisa dilakukan dengan cor ditempatkan aau cor di tempat lain kemudian di pasang di lantai carport Anda. Agar tampilannya menarik, Anda bisa mengisi nat antar semen dengan material koral sikat atu rumput

Semen Plesterab

Lantai semen plesteran merupakan jenis material yang paling sederhana dan murah. Cara pengerjaannya sangat sederhana, hanya dengan memberi plesteran pada permukaan lantai kemudiansebagai finishing, diberi aksen garis dengan mengguanakan alat khusus yang di sebut trowel.

Grass Block dan Paving Block

Ada dua jenis beton cetak yang tersedua di pasaran. Beton cetak yang bentuknya padat disebut paving block, sementara beton cetak yang bagian tengahnya berogga adalah grass block. Gunakan grass block bila ingin carport Anda hijau dan masih bisa  mengalirkan air ke dalam tanah. Sebelum menggunakan kedua material ini, pastikan tanah di bawahnya sudah dipadatkan dengan seksama. Bisa dibilang kedua material ini adalah material yang ramah lingkungan. Namun bila Anda sering mencuci mobil menggunakan  sabun pembersih di atas carport ada baiknya pilihan ini di pertimbangkan lagi.

Koral Sikat

Pada prinsipnya cara pengerjaan bahan ini hampir sama dengan semen cetak. Bedanya, permukaan semen ditaburi batu koral sikat, kemudian pada saat setengah kering permukaan semen disikat dengan sikat kawat agar  tekstur koral sikat lebih muncul. Material ini membutuhkan perawatan berkala untuk mencegah timbulnya jamur, terutama pada musim hujan.

Batu Alam

Material batu alam yang lazim digunakan sebagai penutup lantai carport adalah batu andesit dan batu kali lempeng. Warnanya yang cenderung gelap meyamarkan noda dan terkesan alami. Untuk mencegah jamur, lapisi mpermukaan batu alam dengan coatin. Batu kerikil berukuran kecil dan aneka warna, biasanya berbentuk bundar atau lonjong disebut batu sikat. Batu ini bisa dikombinasikan dengan material ain seperti keramik ataubatu ala atau dibuat pola tertentu agar kelihatan lebih artistik. Proses pemasangan batu sikat memang agak rumit, pertama Anda harus membuat pola dengan pembatas menggunakan bahan pilihan. Setelah itu taburkan batu sikat di tengah pola tersebut hingga merata. Setelah agak mengering, Anda bisa membersihkan batu dengan sikat kawat. Taburkan sedikit semen kering atau pasir halus untuk mempercepat proses pengeringan dan jangan lupa untuk menyikat batu sampai bersih.

Keramik

Keramik dengan pemakaian khusus untuk carport biasanya berteksture dan agak kasar, itu bertujuan agar lantai tidak licin dan ban kendaraan tidak mengalami slip. Untuk masalah tekstur dan motif keramik bisa langsung Anda peroleh dengan mudah di toko-toko material.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Memilih Lantai Carport yang Tepat"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top