My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Bahaya Lensa Kontak

Lensa Mata
Bahaya Lensa Kontak - Bagi para penderita gangguan mata seperti mata minus atau silindris, apalagi yang sudah parah, biasanya memiliki ketergantungan pada alat bantu lihat seperti kaca mata atau softlens. Penggunaan ensa kontak menjadi banyak dipilihkarenakacamata terkadang menganggu aktivitas yang mengharuskan kita banyak bergerak. Lensa kontak juga banyak digunakan oleh pemilik maa normal untuk alasan kecantikan atau fashion.
Namun tahukah Anda bahwa  softlens bisa membawa dampak negatif bagi mata juka di pasang asal - asalan atau tidak dirawat dengan baik. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan lensa kontak atau tidak. Cucilah sftlens dengan teliti serta jangan lupa melepaskannya saat akan tidur. Ingat juga untuk menggantu softlens saat waktunya untuk menjegah iritasi pada mata. Berikut beberapa bahaya yang bisa terjadi karena penggunaan lensa kontak yang tidak sesuai aturan:

1. Iritasi

Biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti debu, pemakaian yang kurang benar atau terlalu ama dipakai. Oleh karena itu agar tidak mengaami iritasi sebaiknya jaa softlens agar tidak terkena debu dan pakai dengan cara yang benar. Pastikan tangan steril ketika akan memakai dan melepas softlens. Terlalu lama mengunakan softlens juga tidak disarankan. Siapkan obat tetes mata khusus softlens saat mata terasa kering.

2. Terlalu longgar atau ketat

Saat softlens menjadi terlalu longgar bahkan terlalu ketat seperti sangat menempel ke mata disebut hypoxia. Hal ini disebabkan pemilihan kadar air yang salah ketika membeli softles. Maka dari itu sesuaikan dengan keadaan mata. Jika mata Anda memang memiliki banyak kandungan air mata, pilihlah softlens dengan kadar air lebih sedikit. Sedankan mata yang cenderung kering sebaiknya memilih softlens dengan kadar air tinggi.

3. Softlens koyak dalam mata

Jangan salah, kontak bisa koyak dimata jika di bawa tidur. Ketika tidur softlens bisa bergerak-gerak di dalam mata dan bisa beresiko pecah di dalam mata tidak hanya itu softlens dapat mengering karena tidak mendapatkan oksigen dan kadar air yang cukup. Mencubit softlens dalam keadaan kering mengakibatkan softlens koya karena itu sebaiknya tetes mata terlebih dahulu ketika meepaskan softlens.

4. Infeksi kornea

Bahaya infeksi korne bisa terjadi jika Anda tidak merawat softlens dengan baik. Hal itu bisa membuat bakteri jamu dan virus tumbuh di softlens dan membuat alergi pada mata. Maka dari itu, jaga baik-baik softlens. Bagi Anda yang cenderung malas atau jorok sebaiknya menggunakan softlens sekali pakai.
Meski mempermudah saat akan beraktivitas sebaiknya lensa kontak tidak terlalu sering digunakan. Mix penggunaan lensa lensa kontak dengan kacamata. Dan pastikan softlens tetap steril untuk menjaga kesehatan mata.

Semoga Bermanfaat

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Bahaya Lensa Kontak"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top