My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Akibat Kurang Tidur

Akibat Kurang Tidur
               Akibat Kurang Tidur - Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang cukup, karena jika  kurang tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan. Orang yang kekurangan tidur biasanya mudah melakukan kesalahan dan mudah merasa kesal. Tidak hanya itu, seiring waktu orang yang kurang tidur dapat mengaami masalah kesehatan. Ada banyak faktor yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas tidur yang baik. Diantaranya adalah mengatur makanan yang dikonsumsi dan olaharaga rutin. Dengan berolahraga secara rutin di pagi hari, seseorang akan lebih cepat mengantuk di malam hari. Berikut dampak jika Anda kurang tidur:

1. Kurang Tidur Merusak Sel Tubuh

                Kurang tidur bisa menyebabkan kerusakan sel terutama di hati, paru-paru, dan usus kecil. kurang tidur  melukai sel dan pemulihan tidur dapat mengembalikan keseimbangan antara parameter lain, kerusakan dan perbaikan DNA.

2. Kurang Tidur Berisiko Obesitas

                Kurang tidur berisiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Penelitian yang dipublikasikan dalam konferensi SLEEP 2013 menemukan bahwa remaja yang kurang tidur cenderung tertarik terhadap makanan yang tak sehat ketimbang mereka yang memiliki waktu cukup untuk beristirahat.

3. Kurang Tidur Bisa Sebabkan Hipertensi

                Saat tidur seseorang akan mengalami fase gelombang otak yang dikenal dengan slow-wave sleep. Fase tidur ini dianggap restoratif dan telah terbukti penting untuk memori serta performa dari mental seseorang. Ada aspek penting mengenai kualitas tidur dengan risiko tekanan darah tinggi, dan orang yang sudah tua cenderung kurang mendapatkan tahap slow-wave sleep seiring bertambahnya usia. Masalah tidur berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Sleep apnea dan gangguan kronis membuat seseorang terbangun dan harus berjuang untuk menarik napas beberapa kali di malam hari, kondisi ini sangat terkait dengan peningkatan tekanan darah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu orang tidur lebih lama dan lebih dalam seperti pergi dan bangun tidur di waktu yang sama, menghindari alkohol dan tembakau sebelum tidur serta membersihkan diri (sleep hygiene).

4. Kurang Tidur Picu Stres

                Tidur kurang dari enam jam sehari, dapat memicu stres pada seseorang. Di saat sedang tidur ada hormon-hormon tertentu yang keluar yang membantu sistem kerja tubuh. Idealnya, orang dewasa tidur antara tujuh sampai delapan jam sehari. Dengan pola tidur yang baik, akan mengatur stres.

5. Kurang Tidur Penyebab Sakit Kepala

                Sakit kepala meski masih dapat diatasi tetapi tetap akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, terlebih bila keluhan itu sering dialami. Kurang tidur adalah salah satu alasan utama mengapa Anda sering sakit kepala. Kepala Anda terasa berat karena kurang tidur. Ketika Anda tidak memberikan tubuh untuk cukup istirahat, maka kepala Anda pun terasa sakit.

6. Kurang Tidur Turunkan Fungsi Otak

                Kurang tidur berhubungan dengan ingatan dan fungsi eksekutif otak. Tidur dalam jangka waktu pendek (kurang dari enam jam per malam) dan tidur dalam jangka waktu panjang (lebih dari delapan jam per malam) berhubungan dengan skor fungsi otak yang lebih rendah.

Semoga Bermanfaat

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Akibat Kurang Tidur"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top