My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Manfaat Hebat Berjalan Kaki

Manfaat Hebat Berjalan Kaki
 Manfaat Hebat Berjalan Kaki - Bagi para wanita yang hobi berbelanja atau berkeliling mall, beruntunglah mereka, karena tanpa disadari mereka telah berolahraga yang memiliki banyak manfaat. Tahukah Anda bahwa jalan kaki akan membantu memeperkuat tulang, mengontrol berat badan, kondisi jantung dan paru-paru, pengelihatan, tulang, otot, bahkan baik menyegarkan pikiran. Melakukan jalan kaki secara rutin dan konsisten adalah salah satu faktor terpenting dalam membentuk program aktivitas fisik yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu lebih panjang umur beberapa tahun dibanding mereka yang tidak. Berikut beberapa manfaat hebat berjalan kaki.



Meningkatkan Kesehatan

Dari sisi kesehatan, berjalan kaki adalah salah satu kunci untuk mengelola berat badan, mengontrol tekanan darah dan mengurangi resiko stroke, kanker payudara, diabetes dan segudang penyakit lain. Peelitian menyebutkan berjalan kaki menurunkan kadar total kolesterol dan meningkatkan high density lopoprotein (HDL) atau kolerterol baik.

Menjaga Kebugaran Mental dan Membuat Bahagia.

Dari sisi psikologis, berjalan kaki memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran, memecahkan masalah dan mengurangi stres. jika Anda gemar dengan kegiata-kegiatan yang membutuhkan rileksasi, berjalan kaki juga bisa menjadi sarana meditasi. Penelitian menunjukkan olahraga dengan intensitas sedang (seperti berjalan cepat) secara teratur adalah seefektif dengan antidepresan dalam kasus depresi ringan sampai sedang. Hal ini karena olahraga sedang seperti berjalan kaki akan membuat tubuh melepaskan hormon endorphin (hormon bahagia) ke dalam aliran darah, sehingga mengurangi stres dan kecemasan.

Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan. Berjalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk melakukan itu. Seseorang dengan berat badan 60kg bisa membakar sekitar 75 kalori hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit. Meningkatkan lebih cepat lagi akan membakar sekitar 99 kalori. Mempercepatnya lagi akan membakar kalori sebnyak 150 kalori. Berjalan juga meningkatkan massa otot sehingga semakin banyak otot yang Anda miliki, dan semakin cepat pula metabolisme tubuh Anda.Sehingga banyak kalori yang terbakar, Sehingga banyak kalori yang terbakar, bahkan saat Anda sudah beristirahat.

Membantu Mencegah Demensia

Demensia (pikun) telah mempengaruhi satu dari 14 orang di atas umur 65 dan satu dari enam orang yang berusia lebih dari 80 tahun. Aktif secara fisik  memiliki efek melindungi fungsi otak, dan olahaga secara teratur mengurangi resiko demensia hingga 40 persen. Menurut Age UK, orang tua yang berjalan sepanjang enam mil atau lebih per minggu bisa menghindari penyusutan otak dan mengembalikan memori yang telah berlali bertahun-tahun.

Mencegah Osteoporosis

Berjalan dianggap sebagai kegiatan menahan beban, yang merangsang dan memeperkuat tulang dengan meningkatkan kepadatannya sehingga mencegah osteoporosis. Hal ini benar-benar penting, terutama bagi wanita yang lebih rentan osteoporosis. Hal ini juga akan membantu menjaga kesehatan sendi, sehingga bisa mencegah kondisi seperti arthritis.

Membuat Lebih Berenergi

Jelan cepat adalah salah satu penghasil energi alami terbaik. Hal ini karena akan meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan suplai oksigen ke setiap sel dalam tubuh kita dan membantu kita erasa lebih waspada dan hidup. Berjalan akan menghilangkan sendi yang terasa kaku dan meredakan ketegangan otot sehingga membuat kita kita merasa lebih cepat. Merasa kurang energi saat ditempat kerja?, Keluarlah sebentar untuk berjalan kaki saat jam makan siang untuk mencari makanan diluar, bukannya selalu duduk di meja Anda untuk menunggu kiriman.


SEMOGA BERMANFAAT

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Hebat Berjalan Kaki"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top