My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Cegah dan Atasi Munculnya Flek Pada Wajah

Cegah dan Atasi Munculnya Flek Pada Wajah
 Cegah dan Atasi Munculnya Flek Pada Wajah - Adanya bintik-bintik kecoklatan pada wajah seringkali mengganggu. Kulityang diharapkan mulus tak bernoda, terganggu denan adanya bintik-bintuk ini atau yang kita sebut juga flek. Apa itu flek? Flek adalah penumpukan pigmen kulit (melanin) pada kulit. Letaknya bisa dipermukaan kulit ari(epidermis), atau pada kulit dalam (dermis).
Flek di wajah timbul karena berbagai faktor, anatara lain: faktor keturunan, akibat paparan sinar matahari, pemakaian obat hormonal, kehamilan, bekas adanya jerawat,pemakaian obat ani biotik, antipilepsi dan anti peradangan, serta  pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asap silsilat.
Untuk mencegah Flek, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari paparan langsun sinar ultraviolet terutama antara pukul 09.00-15.00. Gunakan payung atau topi yang lebar jika keluar rumah. Jangan lupa menggunakan tabir surya yang tepat untuk melindungi kulit, SPF 15 untuk aktifitas sehari-hari dan SPF 30 untuk paparan intens. Gunakan tabir surya berulang dalam waktu beberapa jam.
Jika sudah memiliki flek diwajah, terkadang orang menyembunyikan flek hitam dengan cara menutupinya dengan rambut, ataupun degan menggunakan make up tebal. Tpi hal ini hanya menutupi sesaat saja, tidak menghilangkannya. pada akhirnya  erkonsultasi dan berobat ke dokter kulit menjadi solusi untuk menghilangkannya. Tapi jika kita memilih untuk menggunakan cara alamiah, bisa menggunakan beberapa jenis buah-buahan dan bahan alami lainnya.

Jeruk Nipis

Siapkan 1 buah jeruk nipis lalu dibelah menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan ke wajah dengan lembut dan merata. Diamkan dan tunggu hingga kering. Setelah jeruk mengering di wajah, lalu bersihkan degan air hangat kemudian bilas dengan air dingin.
Jeruk nipis juga bisa dikombinasikan dengan tomat. Siapkan sebuah jeruk nipis dan tomat. Peras jeruk nipis dam ambil airnya. Potong tomat kecil-kecil. Masukkan perasan air jeruk dan potongan tomat kedalam blender untuk menghaluskan. Kemudian oleskan bahan yang sudah dibuat tdai ke bagian kulit wajah dengan merata. Lalu diamkan selama 10-15 menit dan bersihkan dengan air.

Lemon

Buat lemon menjadi jus. Siapkan sebutir telur dan ambil putih telurnya. Campurkan jus lemon dan putih telur dengan takaran yang sama. Panaskan sejenakndi wajan kecil. Diamkan campuran bahan sampai berubah semi padat. Langkah selanjutnya masukan bahan tadi ke wadah dan masukan juga ke kulkas. Diamkan sampai bahan menjadi dingin, Ambil dan oleskan bahan tadi ke area kulit. Diamkan sekitar 15 menitan, lalu bilas menggunakan air bersih.

Pepaya

Ambil kulit pepaya, lalu bersihkan dan haluskan. Oleskan bagian pepaya ke flek hitam di wajah. Tunggu hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih.

Bengkoang

Kupas dan cuci bersih bengkoang. Parut bengkoang secukupnya, dan oleskan ke bagian flek hitam di wajah dengan lembut dan merata. Lalu tunggu 14 menit hinga mengering. Kemudian cuci dengan air bersih.

Mentimun

Cuci bersih mentimun, lalu parut. hasilnya digunakan sebagai masker wajah. Daimka hingga mengering dan cuci dengan air hangat, lalu bilas dnegan iar dingin.

Semangka 

Haluskan daging buah semangka  dengan blender. Gunakn sebagai masker dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Cegah dan Atasi Munculnya Flek Pada Wajah"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top