My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Jenis Kanker yang Harus Diwaspadai Wanita

Jenis Kanker yang Harus Diwaspadai Wanita

 Jenis Kanker yang Harus Diwaspadai Wanita - Untuk Saat ini, penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit mematikan dan menakutkan. Banyak jenis penyakit kanker yang hanya menyerang wanita atau yang lebih sering menyerang wanita. Secara umum pemicu kanker adalah gaya hidup yang kurang memperhaikan kesehatan sehingga berpotensi virus atau penyakit dapat dengan muda menyerang tubuh kita. Berikut ini adalah jenis kanker yang umumnya menyeran wanita.

1. Kanker Kulit

Kanker kulit adalah jenis kanker yang dapat menyerang wanita. Kanker kulit dapat terjadi karena adanya virus-virus penyebab kanker, materi genetis. Kandungan kimia berbahaya dalam kulit dan sinar matahari adalah faktor penyebab dari luar tubuh kita. Wanita lebih rentan dengan kanker kulit karena make up atau produk skin-care yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti mercuri. Kanker kulit dapat dihindari dengan menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari virus, hindari paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dalam jangka waktu yang lama, hindari pemakaian make up dan produk-produk skin-care yang mengandung bahan kimia berbahaya, produk pemutih kulit dan lain seagainya.

2. Kanker Vagina

Kaker vagina adalah jenis kanker yang umumnya menyerang wanita  yang telah memasuki masa menopause. Tetapi tidak menutup kemungkinan wanita yang berada fase reproduktif juga dapat terkena kanker ini. Penyebab kanker vagina adalah tidak menjaga kebersihan alat reproduksinya, kebiasaan merokok, mengidap kanker leher rahim, melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan dan lain sebagainya.

3. Kanker Payudara

Kanker payudara terjadi karena pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Ada banyak faktor terjadinya kanker payudara, diantaranya adalah: faktor usia wanita berusia diatas 50 tahun rentan terkena kanker payudara, riwayat keluarga yang terkena kanker payudara, terkena radiasi di bagian dada, pengaruh penggunaan hormon, kepadatan payudara, obesitas, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan lain sebagainya.

4. Kanker Ovarium

Kanker ovarium disebut juga kanker indung telur adalah jenis kanker yang menyerang wanita. Penyebab kematian tertinggi waita. Kanker ovarium adalah kanker yang menyerang ovarium (organ reproduksi wanita yang berada di perut bagian bawah dan berbentuk seperti kacang). Kanker ovarium sulit untuk dideteksi dan baru disadari setelah memasuki stadium lanjut. Gejala kanker ovarium adalh nyeri di perut, perut mengalami pembesaran, nafsu makan hilang dan sering merasa kenyak, kembung secara terus-menerus, pendarahan pada vagina, berat badan selalu mengalami peurunan, sering muntah-muntah, merasa kelelahan dan pusing.

5. Kanker Endometrium

Kanker endometriium disebut juga kanker rahim. Gejalanya sulit terdeteksi hingga stadium lanjut sehingga disebut "silent killer". Penelitian menyatakan bahwa ketidakseimbangan hormon penyebab kanker rahim. Gejala umum yang terjadi adalah sakit pada panggul, pendarahan pada wanita menopause, sakit pada saat berhubungan seksual, sakit pada saat buang air kecil, merasa kelelahan sacara terus menerus dan lain sebagainya.

6. Kanker Serviks

Kanker serviks disebut juga kanker leher rahim adalah kanker ganas yang menyerang wanita. Kanker serviks adalah pembunuh nomor satu. Gejala yang terjadi apada penderita kanker serviks diantaranya adalah kurus, pucat, mengalami keputihan disertai darah dan berbausecara terus menerus, terasa sesak dan nyeri diperut bagian bawah, pembengkakan pada tungkai kaki, pendarahan pada saat berhubungan seksual dan lain sebagainya. Faktor pemicu terjadinya kanker seviks adalah berhubungan seksual usia dini , berginta-ganti pasangan, serin melahirkan, terinfeksi HPV(human papiloma viru), merokok, mengkonsumsi alkohol, tidak menjaga kebersihan organ vitalnya dan lain sebagainya.

Semoga Bermanfaat

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Jenis Kanker yang Harus Diwaspadai Wanita"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top