My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Tips Merawat Bayi yang Kuning

Tips Merawat Bayi yang Kuning
 Tips Merawat Bayi yang Kuning - Kini bayi anda telah lahir dengan selamat disertai dengan anggota tubuh yang sempurna. Pada hari pertama kelahirannya sering kali para ibu dikagetkan dengan keluhan bayi kuning. Terjadinya bayi kuning pada saat baru lahir sering juga dikenal dengan hiperbilirubinemia yang merupakan kuning bayi menjadi kuning disebabkan karena bilirubin pada darah menjadi meningkat. Terjadinya bilirubin yang meningkat secara normal dapat terjadi pada hari 2-3 pada dasarnya kadar rendah. Sedangkan pada bilirubin mencapai diatas 10 maka harus dilakukan penanganan yang serius terutama pada bayi umur 7 hari.
Cara termudah untuk medeteksi bayi menderita kuning atau tidak, sebetulnya tak terlampau sulit. Lihat saja pada bagian putih mata saat ia menyusu. Kalau kuning, akan terliha jelas di matanya. Kuning pada bayi tibl karena adanya timbunan bilirubin (zat/komponen yang berasal dari pemecahan hemoglobin dalam sel darah merah) di bawah kulit. Sebab itulah kulit si bayi terlihat kuning. Pada saat masih dalam kandungan, janin membutuhkan sel darah merah yang sangat banyak karena paru-parunya belum berfungsi. Sel darah merahlah yang bertugas mengangkut oksigen dan nutrien daari ibu ke bayi melalui plasenta. Sesudah ia lahir, parunya sudah berfungsi, sehingga sel darah merah ini tidak dibutuhkan lagi dan di hanccurkan. Salah satu hasil pemecahan  itu adalah bilirubin.
Perawatan yang dilakukan adalah dengan memberikan minum lebih dari cukup dam melakukan fototerapi. Proses fototerapi dapat dilakukan dengan sinar matahari pagi, tetapi hanya bila kadar bilirubin indirek dalam aliran darah tidak terlalu tinggi.
Dalam menjemur bayi kuning sebaiknya anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini :

1. Waktu Menjemur yang Baik Untuk Bayi Anda

Sebaiknya bayi yang terkena penyakit kuning dijemur pada waktu yang tepat sekitar pada pukul 8 sampai 9 di pagi hari. Sehingga dapat meminimaalisir kemungkinan bayi anda mengalami kegerahan dan juga kepanasan.

2. Waktu Jemus Dapat Mencapai 30-60 Menit

Menjemur Bayi dapat dilakukan tanpa harus terlalu lama, anda dapat menjemur bayi yang terkena kulit kuning hanya 30 atau maksimal 60 menit. Terlebih ayi anda masih memiiki kuliy yang sensitif.

3. Menjemur Bayi Tanpa Mengenakan Pakaian

Kulit yang sensitif pada bayi memeang masih rentan terhadap pengaruh dai luar dan dalam lingkungan Meskipun demikian apabila apabila anda menjemur bayi anda sebaiknya dalam keadaan telanjang atau tidak menggunakan pakaian. Lebih baik dilakukan setelah bayi anda selsai mandi.

4. Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung Pada Bagian Mata

Ketika anda sedang menjemur bayi anda, disarankan untuk tidak langsung terkena sinar matahari langsung pada bagian mata. Disarankan bagi anda yang terkena sinar matahari.
Bagi anda yang akan menjemur bayi yang terkena gangguan ketika lahir ditandai dengan warna kuning pada bagian kulit yang disebabkan bilirubin yang meningkat mmaka dapat dilakukan pencegahan dan penanganan dengan menggunakan sinar matahari. Lakuakn pada interaksi dengan bayi anda sehingga membuatnya tenang dan pemijatang ringan sehingga bayi anda merasakan kenyamanan dan mengurangi stres pada bayi.

Semoga Bermanfaat

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Merawat Bayi yang Kuning"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top