My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Tips Persiapan Kendaraan di Musim Hujan

Tips Persiapan Kendaraan di Musim Hujan
 Tips Persiapan Kendaraan di Musim Hujan - Saat musim penghujan tentu membutuhkan kewaspadaan lebih bagi kita saat berkendara. Namun tak hanya itu kondisi mobil dan semua fitur, khususnya yang dibutuhkan untuk menembus hujan patut kita perhitungkan. Akan sangat berbahaya kalau saat hujan di tengah perjalanan, ternyata fitur seperti wiper atau karet-karet pintu ternyata tidak dapat bekerja secara maksimal. Memasuki musim hujan adda baiknya persiapkan kendaraan sebaik mungkin. Ingat peribahasa "sedia paung sebelum hujan" Jadi, lakukan pemeriksaan pada saat bagian-bagian tertentu, khususnya ekterior.

Perhatikan Kondisi wiper

Saat kemarau, peranti ini banyak istirahatnya namun ketika di gunakan saat hujan, air di permukaan kaca tidak tersapu sempurna. Jangan lansung ganti karet wiper. Coba besihkan dulu karetnya pakai lap, karena debu dan otoran bisa bikin karet wiper tidak lentur. Jika tidak bisa diatasi, ganti baru. Cukup karetnya saja. karet wiper yang sudah lama dipakai dan sering terkena panas matahari dapat menjadi kaku, keras dan juga bergelombang. Kondisi ini akan membuat kerja wiper tidak sepurna, bahkan malah mengganggu pandangan saat mengemudi.

Cek kinerja air Pembasuh Kaca (water spray)

Tekan Tombol Water spray untuk membersihkan kaca depan. Jika semprotan air dari nosel tidak deras , tersendat atau tidak keluar sama sekali, berarti ada yang tidak beres. Niat ingin pandangan lebih jelas, malah makin parah arena kotoran tidak bisa disapu dengan sempurna. Periksa nosel, mungkin lubangnya tertutup kotoran. cek juga sisitem wiper spray. Apakah slangnya kelipat, tersumbat atau copot. Intip pula tabung washer, kalau dasarnya berkarat atau berlumut, bisa membuat slang tersumbat. Tak Ada salahnya menguras dam membersihaknnya dengan cara mencopot tabung supaya lebih bersih.

Perhatikan Kondisi Ban Mobil

Saat meewati jalanan yang basah atau tergenang air, ban obil menjadi bagian yang sangat penting. Celah, motif atau kembang ban akan menjadi tumpuan agar ban tidak sampai melayang atau berjalan di atas air (aquaplanning). Pastikan kondisi ban anda masih dalam kategori baik, atau setidaknya ketebalan kembang ban masih diatas 50%. Pastikan pula tekanan angin selalu berada dalam kondisi yang pas sesuai dengan standar kendaraan.

Periksa Koobocoran dan Karet Pintu

Kebocoran pada bodi mobil, atau karet pintu yang sudah tidak rapa tentu akan membuat perjalanan saat hujan semakin terganggu. Bocor tersebut akan memnbasahi pengemudi atau penumpang. Cek kebocoran pada pintu dan jendela, Caranya anda dapat mencoba menggunakan mesin cuci mobil otomatis yang sudah banyak diperkotaan. Perhatikan saat seluruh moail disiram dalam mesin, apakah anda melihat ada tetesan air masuk

Pastikan Ac dan DEfogger Bekerja

Saat musim hujan tiba, AC dandfogger sangat berguna untuk mencegah timbulnya kabut atau embun pada kaca mobil yang dapat menghalangi pandangan, Segera cek untuk memastikan AC dan defogger pada mobil Anda bekerja secara normal. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Persiapan Kendaraan di Musim Hujan"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top