My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Perut Nyaman Tanpa Kembung

Perut Nyaman Tanpa Kembung
 Perut Nyaman Tanpa Kembung - Perut kembung membuat kita merasa tidak nyaman, bahkan bisa membuat kita merasa mual dan ingin muntah. Perasaan ini mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Penyebab dari perut kembung ini adalah gas atau angin yang berlebih. Sistem pencernaan seperti usus lambung mengandung banyak gas yang mengakibatkan perut memebengkak dan akhirnya kembung.
Apa penyebab gas atau angin yang berlebih ini? Salah satunya adalah masuk angin karena banyak menelan gas udara, merokok, banyak makan, konstipasi, masalah hormon dan masalah perut lainnya. Selaim itu, konsumsi makanan yang tidak tepat juga memicu perut jadi kembung. Untuk itu,penting dalam memperhatikan asupan makanan sehari-hari agar perut kembung bisa di cegah. Batasi konsumsi makanan yang dgoreng dan berminyak, makanan penyebab gas, produk susu dan  makanan yang dapat menumbulkan peradangan. Hindari pula makanan zat tepung, kaya sodium, kadar asam tinggi, kadar gula tinggi, kandungan alkohol, dan kaya lemak jenuh.
Sering mengkonsumsi makanan yang berminyak dapat membuat perut penuh dengan gas, karena makanan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Selain itu, mengeluarkan gas lebih banyak yang membuat perut terasa kembung.
Jenis makanan lainnya yang menyebabkan perut kembung adalah makanan yang mengandung gas, diantaranya kembang kol, kubis brokoli, kecambah, bawang putih. Namun demikian gizi yang ada dalam makanan tersebut memberikan manfaat lain, sehingga bisa dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan
Makanan penyebab perut kembung ainnya adalah susu. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kekuatan dan kecepatan yang berbeda-beda dalam menccerna makanan. Hanya orang-orang tertentu yang akan mengalami perut kembung akibat mengkonsumsi produk susu, yaitu yang memiliki masalah saat mencerna laktosa dalam produk susu. Tak hanya itu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang memicu timbulnya peradangan pada saluran cerna, yaitu makanan pedas dan asam.
Makanan-makanan yang terbuat dari tepung juga dapat membuat sistem pencernaan dimasuki gas, dan perut menjadi kembung. Makanan yang terbuat dari tepung sangat susah dicerna oleh sistem pencernaan manusia dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencernanya. Akibatnya , tubuh akan mengeuarkan lebih banyak gas yang menyebabkan rasa tak nyaman dan perut kembung.
Selain itu, garam juga menjadi salah satu faktor penyebab perut kembung. Kala mengonsumsi garam, atau makanan yang banyak mengandung garam, cairan dalam tubuh akan terserap dengan cepat. Tubuh akan mulai terasa berat dan perut pun terasa kembung.
Penyebab lainnya, minuman yang mengandung zat asam dapat mengiritasi kerongkongan dan lambung jika meminumnya saat perut kosong, dapat merangsang saraf sensorik, sehingga terjadi peradangan. Akibanya, kadar asam di lambung "rasanya" meningkat, dan perut terisi penuh zat asam. Jika erlebihan, dapat menyebabkan kambung yang akut dan serangan kolik(sakit perut yang luar biasa).
Kambung gula dan alkohol tinggi dan berlebihan, dapat mengganggu kinerja usus dalam mencerna makanan. Secara kimiawi, gula dan alkohol tidak dapat dicerna oleh mertabolisme tubuh sekaligus. Karena itu, keduanya akan lansung dikirim ke usus besar. Batasi juga makanan yang mengandung lemakjenuh tinggi yang kaya senyawa asam amino, sehingga sulit dicerna tubuh.
Untuk menghindar dari perut kembung,selain menajaga asupan makanan. Sebaiknya makan secara perlahan. Sempatkan mengunyah makanan hingga halus di mulut barulah ditelan. Apabila terburu-buru, pencernaan akan menjadi tidak sempurna dari atau sejak awal. Setelah makan sebaiknya bergerak sekitar 1 menitan di dalam rumah karena dengan cara ini pencernaan bisa  terbantu dan lebih cepat.
Bagaimanapun, penyebab perut kembung memang beragam. Lakukan upaya-upaya pencegahan semaksimal mungkin. Tpi jika sudah kita alami, dab senajub sering terjadi, sebaiknya behati-hati. Langkah selanjutnya, hubungi dokter untuk menngetahui penyebabnya, sehingga mendapatkan pengobatan yang hebat.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Perut Nyaman Tanpa Kembung"

makasih gan info nya, kalo perut kembung kadang risih -_-

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top