My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Beberapa Cara Membersihkan Karpet di Rumah

Beberapa Cara Membersihkan Karpet di Rumah

 Beberapa Cara Membersihkan Karpet di Rumah - Karpet merupakan benda yang sering ada disetiap rumah. Biasanya dilektakan dibawah meja ataupun untuk disandingkan dengan sofa di ruang tamu kita, karpet juga kerap digunakan untuk tidur-tiduran atau bersantai diatanya. Itu membuat karpet riska terkena debu, kotoran dan binatang.

Bagi sebagian orang, mencuci karpet adalah pekerjaan yang melelahka dan menyita banyak waktu. Kebanyakan memilih di binatu atau laundry untuk mengurangi kerepotannya. Guna menurangi pengeluaran binatu, ayo kita coba mencuci karpet sendiri. Berikut tips sederhana untuk membersihkan karpet di rumah Anda:

1. Meggunakan vacum cleaner

Cara termudah adalah menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan berbagai macam kotoran di karpet. Apabila tidak memiliki vacuum cleaner maka gunakan sapulidi. Sayangnya menggunakan sapulidi akan membuat banyak debu beterbangan, jangan lupa gunakan penutup hidung dengan masker kain agar debu tidak masuk ke paru-paru. Simpan karpet secara melintang pada pagar atau tembok lalu pukul-pukulah dengan sapu lidi sampai semua debunya hilang. Bersihkan karpet minimal dua minggu sekali agar selalu bebas dari deu kan keluarga Anda aman dan nyaman bermain di karpet tersebut tanpa takut kotor atau terserang penyakit karena debu.

2. Membasahi karpet

Setelah tidak ada lagi debu yang menempel pada karpet maka tahapan selanjutnya adalah membasahi karpet. Simpan karpet dilantai tembok, kemudian semprot mengguakan air dari selang atau penyemprot air yang biasa digunakan untuk mencuci mobil. Semprot karpet dengan air bersih lalu siram dengan air sabun ulangin semprot dengan air sampai dirasa karpet bersih dari sabun.

3. Menggunakan bahan-bahan dapur

Kita dapat mengguakan bahan-bahan dapur seperti garam, bakig soda dan air soda karea ketiga bahan ini dapat membantu anda dalam menghilangkan noda-noda baru di karpet. caranya taburkan serbuk baking soda atau garam keatas noda baru, kemudian diamkan beberapa lama hingga noda terserap oleh serbuk pembersih tersebut . Selain dapat menghilangkan noda, serbuk pembersih ini juga dapat menghilangkan bau. Sedot sisa serbuk pembersih dengan mesin penyedot debu dan serbuk akan terangkat bersamaan.

4. Menggunakan sikat lembut

Mulai lah menyikat menggunakan sikat lembut secara perlahan, beri tekanan kecil pada kedua permukaan karpet dengan gerakan sikat yang menuju satu arah sambil mengarahkan butiran sabun dan air ke arah pinggiran karpet. Untuk menghilangkan bai pada karpet maka siramlah karpet dengan air yang telah diberi pewangi dan pelembut pakaian.

5. Menggunakan es batu.

Jika karpet dirumah kejatuhan benda lenket seperti permen karet yang sulit lepas, segeralah basahi dengan es baru kemudian dengan perlahan congkel permen karet yang sudah mengeras tersebut.

6. Taruh karpet di pagar atau kayu secara melintang

Taruh kembali karpet di pagar atau kayu secara melintang, lalu siram-siramlah pake air bersih sampai tidak ada bagian yang berbuih. Setelah semua proses dilakukan jemurlah karpet dibawah matahari terik selama 1-2 hari.

7. Menggunakan sampo karpet

Anda juga dapat menggunaka sampo karpet yang sudah banyak dijual dipasaran. Gunakan sampo secukupnya, lihatlah petunjuk penggunaan pada kemasan dan cuci bersih karpet minimal tiga minggu sekali.

SEMOGA BERMANFAAT

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Beberapa Cara Membersihkan Karpet di Rumah"

owkowkww selama ini gua gak pernah ngebersihin karpet, abis baca nih artikel jadi pengen ngebersihin karpet gua

baru tau gan, ternyata ada banyak cara buat ngebersihin karpet.. tx gan

Ini berguna kali tipsnya untuk bersihhkan karpet kamar saya

Saya baru tahu sob, cara-cara bersih karpet hehe.. Makasih sudah share.. :)

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top