My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Olah Raga yang Cocok untuk Penderita Asma

Olah Raga yang Cocok untuk Penderita Asma
Olah Raga yang Cocok untuk Penderita Asma - Jika Anda penderita asma, jangan biarkan penyakit itu mengganggu aktifitas. Bukan berarti sebagai penderita asma, kita tidak bisa berolahraga. Kita hanya harus memilih jenis olah raga yang cocok. Banyak atlet yang ternyata menderita asma. Sebetulnya penyakit ini bisa dikendalikan dengan mengartur pernapasan Anda dan juga memilih obat yang tepat.
Menurut beberapa penelitian, berolahraga bisa mengurangi resiko gejala atau serangan asma. Tetapi tanpa olahraga, penderita asma akan mengalami kehilangan masa otot dan kehilangan kebuaran kardiovaskular yang berakibat buruk pada altivitas fisik kehidupan sehari-hari yag cukup melelahkan, yang aan memperburuk kondisi penderita asma yang akan menjadi ebih lelah dan sesak napas.

Ada beberapa jenis olahraga yang baik bagi penderita asma yaitu :

1. Renang

Berenang membuat seluruh tubuh bekerja  tanpa beresiko cedera sendi, sehingga cocok untuk segala usia. Ilihlah kolam renang di dalam ruanngan adaah pilihan karena udara hangat dan lembab, sehingga saluran udara Anda tidak mengering yang berpotensi memicu serangan asma.

2. Yoga

Yoga sanngat baik bagi penderita asa, karena yoga merupakan latihan pernapasan dan dapat mengaktifkan bagian paru-paru. Meskipun umumnya berintensitas rendah, yoga dapat melatih tubuh dengan baik membantu memperkuat otot, dan menenangkan pikiran Anda. Berhubung seagian besar yoga dilakukan di dalam ruangan, kemungkinan terjadinya serangan asma lebih kecil daripada berolah raga di luar ruangan. Manfaat yang sama bisa dari Tai Chi, seni beladiri yang juga menekan latihan pernapasan.

3. Volly

Volly merupakan olahraga bertempo cepat bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita asma. Olahraga ini memperkuat kardiovaskular dan atran permainan tidak terlalu melibatkan gerakan terlalu banyak dan hal ini tidak menyulitkan penderita asma.

4. Jalan Kaki

Jalan kaki atau jogging aman dilakukan bagi penderita asma, tetapi jika masalah kondisi cuaca yang kurang baik yang bisa menjadi pemicu serangan asma, cara yang terbaik adalah melakukan serangan treadmil dalam ruangan, sehingga Anda dapat menghindari pemicu serangan asma.

5. Golf

Olahraga golf berfungsi untuk mengasah pikiran sehingga bisa mengurangi serangan asma.

6. Olah raga Raket

Tenis dan olahraga raket mengeluarkan energi di lapangan dengan teratur selama permainan. Dan bisa melatih kontrol atas kecepatan permainan.

7. Sepeda

Bersepeda tidak aka memperburuk serangan asma. Bersepedalah di medan yang terjal dan menanjak akan membat napas Anda akan masuk dan keluar dengan cepet karena menjaga kecepatan sepeda dan bisa memicu serangan asma, tetapi dengan mengatur dan istirahat jika sudah merasa lelah bisa mengatasinya.

Semoga Bermanfaat

Baca juga : Manfaat Hebat Berjalan Kaki


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Olah Raga yang Cocok untuk Penderita Asma"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top