My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Enam Bahan Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Enam Bahan Makanan Sehat Penambah Berat Badan

 Enam Bahan Makanan Sehat Penambah Berat Badan - Bahan makanan yang kita kira supersehat terkadang justru sebagai penyebab hidangan jadi tak sehat. Jika Anda suka memasak, pastikan membaca daftar berikut yang diberikan konsultan diet Toby Amidor sebagaimana dilansir Food Network.

Kelapa

Santan dan minyak dapat mengubah hidangan jadi bom kalori. Satu cangkir (sekitar 240 ml) santan mengandung 445 kalori dan 48 gram lemak, yakni 74 persen dari jumlah total lemak harian yang direkomendasikan.  Jika beberapa cangkir santan dimasukkan ke dalam sup yang sedang diolah maka terdongkraklah kalori dan lemak Anda.
Menurut Dietary Guidelines for Americans terbaru, santan dikategorikan sebagai lemak padat dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi dan semestinya tak sering-sering dikonsumsi. 
Saran penggunaan: Pilihlah santan cair dan gunakan sedikit saja.

Kacang 

Siapa yang tidak suka kacang? Cemilan gurih yang bikin kita tak bisa berhenti  makan kalau belum habis. Banana bread akan lebih enak jika dicampur walnut. 
Tapi tunggu dulu. Coba cek kalorinya. Sekitar 30 gram (14 butir) walnut mengandung 185 kalori dan 18 gram lemak. Tambahkan segenggam walnut cincang ke dalam adonan brownies, maka artinya Anda menambahkan beberapa ratus kalori ke dalamnya.

Saran penggunaan: Gunakan maksimal 30 gram walnut, atau tergantung resep. 

Cokelat keping gelap

Untuk membuat hidangan lebih sehat, banyak yang menukar cokelat keping susu (milk chocolate chips) dengan cokelat gelap (dark chocolate chips). Segenggam cokelat keping, walau yang jenis gelap, dapat menyabotase muffin, pancake, waffle, dan kue manis lain; juga sarapan atau cemilan. 
Saran penggunaan: Maksimal 50 gram tiap kali memanggang kue. Jika ingin menambah cokelat, tambahkan bubuk cokelat tanpa gula ke sejumlah kecil cokelat keping gelap. 

Madu

Gula alami ini mengandung sedikit mineral, yang menjadikannya pilihan yang lebih baik ketimbang pemanis buatan. 
Tambahkan gula. Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan tak boleh lebih dari 10 persen kalori berasal dari gula tambahan, yakni 200 kalori dalam diet 2.000 kalori.
Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 74 gram gula. Beberapa sendok makan madu saja sudah mencapai maksimum gula tambahan.
Saran penggunaan: Hanya 1 hingga 2 sendok teh tiap penyajian. 

Granola

Granola tradisional terdiri dari oat, minyak, pemanis, dan aneka flakes. Sekarang populer juga menambahkan buah kering, kelapa, dan kacang-kacangan. 
Rata-rata 20 gram granola tanpa kacang mengandung 100 kalori, 2,5 gram lemak, dan 17 gram karbohidrat. Tuangkan 40-60 gram granola ke dalam oatmeal atau yogurt, maka Anda akan mendaptkan 200 hingga 300 kalori dari granola saja.
Saran penggunaan: Cukup 2 hingga 4 sendok makan granola. Jika butuh lebih banyak lagi, tambahkan cereal utuh, karena kalorinya cenderung sedikit.

Vinaigrette

Vinaigrette adalah campuran minyak dengan sesuatu yang masam, seperti cuka atau air jeruk lemon. 
Tak dapat disangkal, salad segar adalah hidangan menyehatkan yang dapat disajikan kapan saja. Tambahkan 250 ml vinaigrette balsamic, maka Anda mendapat tambahan 800 kalori dan 80 gram lemak. Meski jika saladnya dibuat untuk empat orang, tetap saja substansial: setiap penyajian mengandung tambahan 200 kalori dan 20 gram lemak.

Saran penggunaan: Walau cuka terbuat dari minyak-minyak sehat, tapi tuangkan maksimum 2 sendok makan saja per orang.
Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Enam Bahan Makanan Sehat Penambah Berat Badan"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top