My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Cara Mengatasi Mabuk Sang Buah Hati

Cara Mengatasi Mabuk Sang Buah Hati
 Cara Mengatasi Mabuk Sang Buah Hati - Perjalanan keluar kota bersama keluarga memang menyenangkan. Namun, apa jadinya jika si buah hati mengalami mabuk darat saat di perjalanan? Mabuk perjalanan itu sendiri merupakan gejala yang muncul ketika otak menerima informasi yang tak selaras dari indra pendengaran, pengelihatan, dan perasa lainnya. Gejala yang muncul biasanya mual, pusing, keringat dingin, sampai muntah. Saat ha itu terjadi, maka Anda selaku orang tua pasti ingin mengetahui kiat praktis bagaimana mencegahnya. Apa saja yang harus dipersiapkan?

  • Pilih opsi yang tepat. Jika bermobil atau bus, sebaiknya duduk didepan dekat sopir. Jika naik kereta api duduklah di dekat jendela dan menghadap ke depan.
  • Duduk santai dan tidak terlampau tegak. Usahakan juga kepala tidak banyak bergoyang dan sedaoatnya di buat tercekap pada sandaran kursi. Pastikan anak dapat melihat pemandanan keluar sambil mobil, sehingga tidak merasa jenuh selama perjalanan.
  • Jaga vertilasi udara. Anak harus cukup menghirup udara segar dan bersih karena tak perlu selalu memakai AC. Jika rasa mual makin hebat, menepi dan berhentilah sejenak. Keluar dan ajaklah anak berjalan di sekitar mobil untuk menetralkan efek akumulasi getaran penggangg. Tindakan ini sangat efektif mencegah mual atau perasan ingin muntah, terutama bagi anak-anak. Tetapi hal ini hanya dapat dilakukan jika anada mengendarai mobil pribadi.
  • Isi perut anak sebelum melakukan perjalanan. Jangan biarkan perut kosong saat berpergian. Sebab, saat perut kosong lambung akan memproduksi asam dalam jumlah yang berebihan sehingga akan membuat iritasi lambung dan merangsang reflek mual. Tapi ingat, jangan sampai makan berlebihan. Kurangi makanan berlemak tinggi, batasi minum, jus, termasuk buah-buahan, menjelang keberangkatan.
  • Sejumlah penelitian menyatakan jahe terbukti sangat efektif mengurangi mual-mual karena mabuk perjalanan. pada balita, sebaiknya balurkan parutan jahe pada perut mereka.
  • Bawalah buah sebagai bekal dalam perjalanan. Buah-Buahan menyediakan cukup air penawar dahaga, serat yang menyediakan cukup air penawar dahaga, serat yang  mengenyangkan, gula buah sebagai penyedia energi sekaligus penghilang pusing karena kelaparan, dan munculnya kelelahan. Pilih buah yang praktis dan tidak repot memakannya seperti apel, jeruk, anggur, pir, dan pisang. Aroma dan rasa jeruk menolong dan kembali menyegarkan tubuh saat rasa mual mulai menyerang.
  • Cegah ia main gameboy atau games, sebab pergerakan bola mata dapat memicu rasa mual.
  • Jangan pula biarja abaj nenvaca. Membaca memang dapat menghilangkan kejenuhan saat menempuh perjalanan jauh, namun aktivitas ini justru bisa membuat anak mual-mual karena  kita harus memfiksasi mata. Mata juga ada kaitannya dengan keseimbangan.
  • Jika mual mulai muncul dan tak reda, bantu anak untuk mengepal dan melemaskan jemari tangan dan kaku berulang-ulang untuk menaikan peredaran darah. Untuk menghilangkan pusing ringan, pijat jemari dan telapak tangan anak.
  • Jika semua cara sudah tidak memungkinkan dilakukan dan anak masih mabuk dalam perjalanan , solusi paling terakhir yang bisa dilakukan  adalah minum obat anti mabuk yang khusus diperuntukkan bagi anak.

Semoga dengan informasi diatas perjalanan anda bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan dan sang buah hati tidak lagi mabuk di perjalanan.  

Semoga Bermanfaat

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
8 Komentar untuk "Cara Mengatasi Mabuk Sang Buah Hati"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top