My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Tips Belajar Efektif dan Efisien

Tips Belajar Efektif dan Efisien
 Tips Belajar Efektif dan Efisien - Sebagai orang tua menjadi kewajiban kita membantu anak dalam proses belajarnya. Bisa jadi anak tidak mengerti cara beajar yang efektif dan efisien. Untuk membantu kemampuan akademis mereka disekolah berikut beberapa tips agar anak bisa belajar dengan efektif dan efisien.

Belajarlah Dengan Kata Kunci

Selalu pelajari sesuatu dari hal-hal terpenting, dengan menggunakan konsep kata kunci. Buatlah rangkuman inti dari setiap pelajaran yang didapat. Ringkaslah menjadi kata-kata kunci yang ebih mudah diingat. Setelah memegang kata-kata kunci dan konsep-konsep penting dalam sebuah bab, baru mulai mencoba memahami definisi dan contoh-contoh dari poin-poin yang sebelumnya dipelajar. Cara ini sangat embantu untuk lebih sistematis dan efisien.

Mengerti Bukan Menghafal

Dengan mengerti akan lebih mudah memahami dan akan lebih mudah untuk diingat. Dengan paham maka  pertanyaannya diputar-putar, akan tetap bisa menjawab. Memang ada beberaoa pelajaran yang harus dihafal, biasanya untuk mengingat, harus dibaca secara berulang-ulang.

Bagi Periode Belajar Dalam Beberapa Sesi, Jangan Belajar Terlalu Lama

Dalam poa belajara ideal, tidak boleh menghadapi buku terlalu lama tanpa diselingi aktivitas apapin. Cobalah untuk beristirahat dan memberikan jeda antara 15 sampai 30 menit setiap kali belajar 45 menit, namun waktu jeda tersebut jangan sampai membuat terlena.

Belajarlah Saat Kondisi Paling Bugar

Cobalah belajar saat baru bangun tidur, setelah tidur siang, atau sehabis mandi. Ketika tubuh masih segar, otomatis pikiran akan fresh dan materi yang dipelajari akan lebih mudah diserap. Dalam kondisi tubuh optimal, suatu hal yang biasannya menuntut 3-4 kali baca sebelum bisa memahaminya bisa dipelajari lebih cepat, mungkin haya dalam 2 atau bahkan sekali baca. Lebih baik tidak melakukan hal-hal yang melelahkan sebelum belajar, baik fisik maupun mental.

Belajar di Tempat yang Nyaman

Belajarlah di tempat yang bersih, nyaman, dan bebas dari suara-suara berisik. Hal ini akan membantu lebih fokus pada subjek pelajaran, dan otomatis materi yang diserap akan lebih efektif. Pastikan juga tempat belajar memiliki penerangan cahaya yang memadai.

Belajalah Bersama Orang Lain

Belajar dengan teman sekelas atau anggota keluarga bisa mempermudah menyerap bahan pelajaran dengan efektif. Kelebihan dari metode ini adalah anak bisa mendiskusikan suatu materi tertentu. Bisa saling bertukar pendapat, bertanya jawab, atau bahkan saling mengajari untuk memecahkan soal-soal tertentu. Satu hal yang harus diwaspadai, belajar kelompok akan sama kai  tidak berguna apabila orang orang yang didalamnya tidak fokus dengan materi pelajaran di dalamnya. Biasakan juga untuk tidak bergantung pada satu ornag tertentu dalam menjawab soal-soal saat belajar kelompok.

Cemilan, air putih, dan musik

Makan cemilan, sepanjang tidak membuat kita terlalu kenyang terbukti ampuh untuk meningkatkan daya konsentrasi. Oleh karena itu, selalu sediakan snack dan berbagai makanan ringan untuk menemani belajar. Air putih memiliki fungsi alami untuk membuat tubuh menjadi segar, apalagi setelah berkonsentrasi lama mempelajari sesuatu. Sediakan segelas air putih di saat belajar. Di saat merasa mulai kehilangan konsentrasi, mata lelah, atau bosan, teguklah segelas air putih. Selain berfungsi untuk mengembalikan konsentrasi yang mulai buyar, air putih juga bisa membuat lebih sehat dan segar. Selain cemilan dan air putih, untuk sebagian orang mendengarkan musik dapat membantu untuk lebih mudah dalam belajar.

Semoga Bermanfaat


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
28 Komentar untuk "Tips Belajar Efektif dan Efisien"

Lebih enak say belajar sambil dengar musik,,,,,

Tips yang terakhir itu mungkin bisa saya coba :) thanks gan

kalo saya belajar ya semaunya aja gan,kalau lagi semangat ya bisa cepat paham meskipun materi banyak.Tapi kalau terpaksa,ane agak sulit pahamnya karena tidak didasari dengan semangat,nah biar semangat biasanya membuat secangkir Kopi Luwak :v

tips yang menarik kunjungi balik mejengdisini.blogspot.com

kalau ane belajar sekalian denger musik broo,biar santai 8| apalagi musik jazz xDD

patut dicoba nih
http://www.webfreesoftware.co.vu/

cemilan dan musik ane rasa gak perlu soalnya mengganggu konsenstrasi :D

Saya lebih enjoy belajar sambil dengar musik

tambahan gan, belajarlah bersama orang yang lebih pandai dari kamu

mantap nih tips nya supaya bisa belajar dengan fokus serta efektif.. thnks dah share ilmu

wih .. harus coba ini
makasih mas udh share tips nya
maju terus ya

wh mantap, cara ini bisa dilakukan kalo mau ulangan :v

Tips yang terakhir itu yang saya sering gunakan :D hehe

saya paling suka sama musik bro jadi fokus btw nice info

wuihh thanks gan, jadi tambah semangat belajar :)
nice post

Mau coba dulu sob , kali aja persis yang di atas hehe

kalau ane belajar sih biasanya cari tempat yang dekat dengan jendela gan lebih fresh rasanya dan nyaman

yang paling ane setuju itu "Mengerti bukan menghafal"
temen ane cara belajarnya menghafal, dan ane cuma mengerti + satu kali baca. alhamdulillah lengket

belajar sambil dengerin musik,, hal biasa yg ane lakuin waktu belajar

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top