My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Bangkitkan Selera Makan Anak dengan Bento Cantik

Bento Cantik
 Bangkitkan Selera Makan Anak dengan Bento Cantik - Sebagai ibu, membekali anak dengan bekal buatan sendiri menjadi salah satu cara untuk mengatur asupan gizi si buah hati. Apalagi banyaknya jajanan di sekitar sekolah yang tidak dapat kita pastikan kesehatan dan kebersihannya. Ada juga saat dimana anak susah makan. padahal kesehariannya sangat padat dan membutuhkan banyak energi. Hasilnya bekal makanan yang kita buat dengan susah payah malah tidak tersentuh.
Ketika bekal makanan tidak dimakan oleh si buah hati ada kemungkinan mereka bosan dengan menu makanan yang dibuat. Coba akali dengan membuat bento atau lunch box bergaya jepang yang ditata dengan menarik dalam kotak makanan. Berikut janu bagikan tips untuk membuat bento sehat yang disukai anak-anak.

1. Atur pembagian makanan

yakni 50% nasi dan 50% sisanya lauk pauk. Untuk lauk disarankan mengandung daging dan sayuran agar anak mendaatkan makanan yang beragam namun lengkap gizi.

2. Percantik bentuk nasi dengan kreativitas

Anda bisa membuat nasi menjadi sushi gulung, inari sushi atau onigiri. Beras yang di gunakan pun beragam, bisa beras jepang atau beras yang biasa dipakai dirumah.

3. Pilih penggunaan lauk

Untuk menarik nafsu makan, lauk gorengan yang gurih bisa disertakan. biasanya terdapat lauk seperti karaage, mini hamburger, salmon, calamari. Pastikan memilih lauk yang masih enak walaupun dalam keadaan dingin.

4. Berisi sayuran segar

sayuran yang biasanya dipakai misalnya, lettuce, tomaat ceri, mentimun, edamame, brokoli kukus, atau salad kentang, Sebaiknya gunakan sayuran yang berwarna cerah atau menghias sayuran agar terlihat cantik. Hal ini agar mengunggah selera nafsu makan bagi anak yang tidak suka memakan sayuran. Samarkan makanan yang tidak disukai oleh anak dengan mengkombinasikan makanan yang tdak disukainya dengan akanan yang disukai. Misalnya si kecil tidak menyukai wortel dan sangat menyukai naugget, anda dapat mencampurkan potongan wortel kedalam adonan nugget.

5. Gunakan kotak makan lucu

Selain isinya, wadah bento untuk si kecilpun harus menarik. Anak cenderung lebih menyukai barang-barang yang berkaitan denga karakter tokoh kartun idolanya. Untuk membuat bekal makanan menjadi lebih menarik di mata si kecil, gunakan kotak makan dengan gambar tokoh kartun idola si kecil.

6. Jaga bento agar tidak rusak

Agar isian makanan tak rusak, jangan beri ruang kosong di di dalam kotak bento. Usahakan nasi menempati hampir menempati hampir setengah wadah, kemudian masukkan lauk dan sisa ruang dalam tempat makan dapat Anda isi dengan salad ataupun tomat dan juga selada.

7. Pisah saus dalam wadah

Khusus untuk bento sebaiknya pisahkan lauk dengan bumbu sedikit berair, saus ataupun maonaise sebaiknya taruh dalam wadah cupcakes agar tidak bercecer dan tercampur kedalam nasi.

8. Buat pola dan bentuk yan menarik

Buatlah tema menarik dalam bento buatan Anda. Untuk membuat wajah hewan, Anda daoat mencetak nasi dengan mangkuk kecil dan memberi hiasan mata dengan nori, biji wijen, keju dan juga wortel agar lebih menarik. Saat ini banyak cetakan-cetakan lucu untuk membuat bekal di pasaran. Sehingga membuat bento pun menjadi lebih praktis.

Semoga Bermanfaat

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Bangkitkan Selera Makan Anak dengan Bento Cantik"

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top