My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Mengatasi Gusi Bengkak
 Cara Mengatasi Gusi Bengkak - Permasalahan gusi bengkak bisa dialami oleh siapa saja. Rasa tidak  nyaman karena gusi bengkak bisa diobati oleh obat yang banyak beredar di pasaran. Namun ada baiknya Anda coba mengatasi gusi bengkak dengan cara alami dan natural agar tidak ada efek samping yang berbahaya. Berikut beberapa Cara Mengatasi Gusi Bengkak:

1. Menggunakan Garam

Larutkan satu sendok teh garam dalam air hangat. Aduk hingga rata dan setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi bengkak sembuh dalam waktu yang cepat.

2. Minyak Cengkeh

Gunakan minyak cengkeh yang asli  untuk hasil yang optimal. Oleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali sehari.

3. Jeruk Nipis

Ambil jeruk nipis yang sudah matang dan setelah itu peras jeruk nipis tersebut. Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Akan lebih baik jika  menggunakan ramua ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat bangun pagi.

4. Menggunakan Madu

Madu memiliki zat yang dapat mengempiskan bengkak. caranya oleskan madu pada bagian gusi yang sakit yang sakit minimal 3 kali dalam sehari. Pastikan Anda menggunakan madu alami.

5. Bawang Merah

Lembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena ridak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam.

6. Banyak Minum Air Putih

Perbanyaklah minum air putih  untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkuranng dengan mengonsumsi air putih dengan banyak.

7. Mengurangi Stress

Kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang juga dipengaruhi oleh adanya stress. Maka dari itu kurangilah stress dan carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran anda. Dengan menghindari stress kesehatan mulut akan menjadi lebih baik.

8. Pijatan Gusi

Lakukan pijatan pada gusi dengan menggunakan jari telunjuk dan memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang. Pastikan menggunakan tangan yang bersih agar tidak memicu bakteri lain pada mulut.

9. Modifikasi Diet

Hindari makanan yang kurang baik bagi gusi dengan menggantikannya dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C

10. Baking Soda

Buatlah obat kumur sendiri dengan mencampurkan air dan juga hidrogen peroksida atau bakin soda. Anda bisa terbantu dengan obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Anda bisa berkumur beberapa kali dalam sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.

11. Kulit Andong

Campurkan garam dapur secukupnya serta kulit dari tanaman andong. Cucilah kulit andong sampai benar-benar bersih sampai kotoran yang tertempel benar-benar hilang. Anda bisa mengunya kulit andong dan berilah garam dapur secukupnya lalu masukkan pada gusi yang sedang sakit.

Semoga Bermanfaat

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Cara Mengatasi Gusi Bengkak"

ternyata ada cara lain selain obat ya gan :D thx infonya informatif

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top