My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Cara Mengobati Serak

Cara Mengobati Serak
Cara Mengobati Serak - Serak bisa dialami oleh siapa saja, pada umumnya disebabkan peradangan yang terjadi di kotak suara (laringitis) akibat infeksi seperti flu atau refluks(naiknya) asam lambung yang mengiritasi juga bisa mengakibatkan hilangnya suara tapi biasanya bersifat sementara. Jika kita mengalami serak pada suara kita disarankan jangan gunakan suara sebisa mungkin atau berbisik karena berbisik dapat menegangkan pita suara lebih dari bicara normal. perbanyak minum air hangat untuk menyejukkan tenggorokan dan jangan minum minuman berkafein atau alkohol. Berikut Cara Mengobati Serak:

1. Berkumur dengan air garam hangat

Berkumur dengan air garam hangat, beberapa penelitian telah menemukan bahwa berkumur beberapa kali dalam sehari dengan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan, menghilangkan lendir dan mengurangi iritasi atau bakteri. Dokter umumnya merekomendasikan untuk melarutkan setengah sendok teh garam pada secangkir air hangat.

2. Makan permen

Makan permen pelega tenggorokan akan merangsang produksi air liur yang dapat menjaga tenggorokan Anda tetap lembab

3. Minum teh

Cobalah minum teh yang dapat bersifat menenangkan dan tembahkan satu sendok madu anti bakterial.

4. Sup hangat

Makan sup hangat karena kaldu sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu proses kesembuhan radang tenggorokan. Selain itu sup ayam kaya akan nutrisi yan dapat melawan penyakit.

5. Jeruk nipis dan kecap manis

Jeruk nipis dan kecap manis ternyata dapat membantu proses kesembuhan caranya peras sebuah jeruk nipis masukkan kedapam gelas alu beri kecap manis satu sendok makan lalu aduk rata ramuan ini dapat diminum tiga kali sehari.

6. Jeruk nipis dan madu

Caranya peras jeruk nipis ke dalam gelas lalu beri satu sendok makan madu, selain itu madu di kenal memiliki khasiat mengobati serak.

7. Daun sirih

Sejak dulu kala memag dikenal banyak khasiat. HAl ini dikarenakan minyak atrisi yang dikandung daun sirih sejak dulu kala memang dikenal memiliki banyak khasiat. Minyak atrisi yang dikandung daun siih bersifat anti bakteri sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan suara serak. Caranya cuci daun sirih hingga bersih lalu rebus dengan 5 gelas air dan didihkan hingga jadi satu gelas ramuan ini dapat diminum tiga kali sehari setengah gelas.

8. Kencur

Kencur memiliki kandungan minyak atsiri sebagai anti inflamasi sehingga sanat cocok untuk suara serak caranya siapkan satu ruas kencur cuci bersih dan kupas lalu kunyah perlahan sampai mengeluarkan minyak atrisi lakukan kunyahan 25-30 menit atau sampai kencur terasa hambar cara ini dapat dilakukan pada malam hari agar tidak mengganggu aktivitas anda.

SEMOGA BERMANFAAT

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Cara Mengobati Serak"

Bahan alami, herbal, asli dan berkhasiat menjadi pilihan yang tepat untuk meredakan gejala tersebut. Badan yang sehat, bugar, dan produktif menjadi idaman kita semua.

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top