My Box Tips

Blog Berbagai Tips - Tips menarik, tips kesehatan, tips gaya hidup, tips anak dll

Atasi Stress Karena pekerjaan Penuh Tekanan

Atasi Stress Karena pekerjaan Penuh Tekanan
Atasi Stress Karena pekerjaan Penuh Tekanan - Bagi para karyawan kantora, banyak kondisi yang bisa menyebabkan stress misalnya pekerjaan yang menumpuk.Bulum lagi ada kondisi dimana tuntutan perusahaan yang membuat Anda terpaksa bekerja di bawah tekanan. Waspadailah kondisi ini! Karena tidak pandai mengelola stress bisaberdampak buruk bagi Anda maupun pekerjaan. Tidak hanya berujung depresi, kurang konsentrasi dan lain sebagainya, bekerja di  bawah tekanan uga memebuat pekerjaan terasa tidak menyenangkan. Padahal enjoy saat mengerjaka  tugas dan kewajiban  juga sangat mempengaruhi hasil dan perfoma kerja. Berikut beberapa tips untuk mengatasi stress saat Anda berada di bawah tekanan pekerjaan:

  1. Cari tahu penyebabnya. Setiap orang mengalami tekanan dalam pekerjaan karena masalah yang berbeda-beda. Ada yang disebabkan oeh atasan yang kurang pengertian, over loaded kerjaan, atau kurang nyamannya suasana kera Hal itu menyebabkan solusi yang harus ditempuh berbeda pula. Untuk itu cari tahhu dahulu penyebab stress Anda
  2. Pastikan untuk mengetahui dan paham apa yan sedang dikerjakan. Kesulitan pasti ada namu jangan berhenti atau bertanya kepada orang yang lebih pengalaman.
  3. Ketahui batas kemampuan Anda. Saat pekerjaan dirasa terlalu banyak, delegasikanah pekerjaan kepada orang lain Jangan sungkan untuk menolak tugas baru yang Anda rasa melebihi kemampuan.
  4. Ciptakan keseimbangan antara pekerjaan, keluarga  dan hobi pribadi. Jika selaman ini Anda hanya memikirkan tentang pekerjaan saja, sebaiknya rubah mindset Anda. Menempatkan arir di atas segalanya hanya akan berakibat buruk dalam jangka panjang.
  5. Take a litle break. Seandainya pekerjaan sudah terasa stuck segeralah ajukan cuti singkat. Anda bisa juga memanfaatkan liburan akhir pekan. Matikan smartphone Anda dan jangan bawa laptopsaat berlibur, Anggap ni sebagai charger saat baterai melemah.
  6. Ikuti jam kerja. Hal ini berlaku misalnya ketika istirahat makan siang. Jangan bekerja saat waktu istirahat. Hal ini penting agar pikiran kembali fresh setelah sebelumnya diisi oleh beragam pekerjaan. Melewatkan jam makan  siang juga kurang bijak karena tidak makan terbukti dapat mengurangi konsentrasi.
  7. Melakukan sesuatu yang baru. Biasanya kebosanan memainkan peranan penting dalam job fatigue. Untuk mengatasinya cobalah dengan mempelajari hal-hal baru dalam pekerjaan anda atau meninjau bidang lain. Jangan ragu untuk mengetahui sesuatu yang baru, meski pada kenyataanya hal tersebut tidak ada hubungan sama sekali dengan profesi yang digeluti saat ini.
  8. Mungkin pekerjaan mulai merasa jenuh karena sudah tidak mendapatkan tantangan lagi dari tugas yang sekarang. Kalau Anda memang merasakan demikian, mintalah proyek tambahan pada atasan.
  9. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, contohnya ada beberapa oraang justru berprestasi lebih baik dibawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebihbanyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.
  10. Rencanakan dengan baik sebelum beraktivitas, misalnya apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekalu untuk membuat perencanaan buka hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek.
  11. Pertahankan semangat tim kerja, misanya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama dan melakukan hal-hal bersama di luar pekerjaan.

SEMOGA BERMANFAAT

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Atasi Stress Karena pekerjaan Penuh Tekanan"

makasih tips nya gan sangat bermanfaat, di tunggu kunjungan balik :D

Makash gan tipsnya bermanfaat sekali (y)

makasih tipsnya gan. sangat mempantu apa lagi pas kerjaan numpuk dan si bosnya galak..

 
Copyright © 2015 My Box Tips - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top